Web Server

Web server adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirimkan melalui browser kemudian memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau lebih umumnya dalam dokumen HTML. Namun, web server dapat mempunyai dua pengertian berbeda, yaitu sebagai bagian dari perangkat keras (hardware) maupun sebagai bagian dari perangkat lunak (software).

Jika merujuk pada hardware, web server digunakan untuk menyimpan semua data seperti HTML dokumen, gambar, file CSS stylesheets, dan file JavaScript. Sedangkan pada sisi software, fungsi web server adalah sebagai pusat kontrol untuk memproses permintaan yang diterima dari browser.

Cara Kerja Web Server

User melakukan permintaan melalui browser terhadap server (HTTP Request), Kemudian Server Menerima request dan dan memprosesnya menjadi halaman situs web (HTTP Response).

Jadi web server bisa diibaratkan sebagai pelayan, Kamu bisa bebas meminta layanan sesuai ketentuan dan pelayanan memproses permintaan kamu untuk diberikan ke kamu hasilnya.

Referensi:
https://www.niagahoster.co.id/blog/web-server-adalah/
https://www.jagoanhosting.com/blog/pengertian-web-server/

Komentar