Identifikasi Perangkat Komputer

I. Judul
“Identifikasi Perangkat Komputer”           
II. Teori Dasar
    Berikut merupakan perangkat komputer yang dihubungkan/melekat pada Motherboard.
A. Processor
Processor merupakan bagian utama dari komputer yang berfungsi mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Saat ini perkembangan processor sangat pesat dan semakin cepat pula kinerja dari processor tersebut. Hingga saat ini perkembangan processor telah melewati banyak generasi mulai dari tipe processor 8086, 8088, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Pentium II, Pentium III hingga Pentium IV.
Berbagai tipe processor tersebut adalah processor yang dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan Intel Corporation. Tetapi selain berbagai macam processor tersebut diatas terdapat produsen lain yaitu Advance Micro Device (AMD) yang mengeluarkan processor tipe AMD K-5, AMD K-6, Duron, Sempron, Athlon.
B. RAM
RAM atau Random Access Memory adalah bagian yang berfungsi menyimpan data dan program secara sementara untuk keperluan proses yang dilakukan oleh processor.
C. Power Supply
Power supply merupakan suatu perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mensuplai daya/tegangan ke dalam komponen komputer. Daya tersebut disuplai menuju motherboard, harddisk, heatsink dan lainnya.
Mengenai fungsinya, power supply bertujuan untuk mengubah tegangan arus AC menjadi DC.
D. Harddisk
Hardisk adalah salah satu media penyimpanan data dan program. Ada beberapa macam tipe hardisk yaitu:
a. ATA : menggunakan kabel ATA
b. SATA : menggunakan kabel SATA
E. Floppy Disk Drive
Floopy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 ¼ inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 Kb. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 ½ inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Mb.
Cara kerja floppy disk hampir sama dengan hardisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floppy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.
F. Optical Disk Drive
Optical Drive atau yang lebih dikenal dengan istilah Optical Disk Drive (ODD) adalah salah satu perangkat keras yang umumnya terdapat pada PC maupun laptop. ODD digunakan untuk membaca dan menulis data ke CD dan DVD, yang dikenal dengan istilah burning. ODD menggunakan sinar laser pada spektrum untuk membaca dan menulis data ke piringan CD maupun DVD.
G. VGA Card
Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar/design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya.
H. LAN Card
LAN Card sering disebut dengan NIC (Network Interface Card), Ethernet Card atau kartu jaringan. Perangkat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan jaringan, terutama dalam area LAN. Misalnya, jaringan komputer pada suatu gedung, satu rumah , satu kantor dan lainnya. Biasanya, LAN Card dipasang pada slot PCI yang terdapat di motherboard.
I.  WLAN Card
WLAN Card atau Wireless LAN Card atau biasa juga disebut WiFi Adapter merupakan perangkat komputer yang berhubungan dengan jaringan. Fungsinya sama seperti LAN Card, yaitu menghubungkan komputer dengan akses jaringan. Akan tetapi, dengan adanya WLAN lebih memudahkan Anda dalam melakukan koneksi jaringan tanpa harus membawa kabel kemana-mana hanya untuk menghubungkan dengan jaringan.
Wireless Card memungkinkan komputer terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel. Cara kerja dari Wireless Card ini adalah wireless akan menerima sinyal yang berasal dari perangkat jaringan, seperti Access Point.
J.  Sound Card
Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Jika kita sedang mendengar musik atau bermain game, perangkat ini sangat bermanfaat. Suaranya bisa stereo, surround (berputar), atau bahkan suara 3 dimensi, sehingga kita seolah-olah berada di tempat kejadian. Akan tetapi, sound card ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Oleh karena itu, kita perlu menghubungkan speaker dengan sound card yang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke sound card
K. Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer.
L. Kabel Data IDE
ATA (Advanced Technology Attachment) atau biasa juga dikenal dengan IDE drive merupakan kabel konektor yang terdiri dari 40pin dan maksimal panjang kabel hanya 18 inc (46 cm)
M. Kabel Data SATA
Kabel SATA atau Serial ATA merupakan kabel konektor pengembangan dari model kabel konektor ATA, Kabel konektor SATA ini mempunyai 15pin dan berukuran lebih kecil ketimbang kabel ATA, namun lebih bagus yakni hingga 150 MBps

III. Alat dan Bahan
A. Processor
B. RAM
C. Power Supply
D. Harddisk
E. Floppy Disk Drive
F. Optical Disk Drive
G. VGA Card
H. LAN Card
I.  WLAN Card
J.  Sound Card
K. Modem
L. Kabel Data IDE
M. Kabel Data SATA

IV. Langkah Kerja
1. Identifikasi Merk, Seri, dan Fungsi dari perangkat komputer pada alat dan bahan.

V. Hasil
A. Processor
Merk : AMD
Seri : Athlon 64 X2
B. RAM
Merk : Kingston
Seri : KVR KVR667D2N5
Kapasitas : 1 GB

C. Power Supply
Merk : Simbadda SIM-V
Tipe : ATK
Daya Output Max : 350W

D. Harddisk
Merk : Seagate
Seri : Barracuda 7200.7
Kapasitas : 80 GB
E. Floppy Disk Drive

F. Optical Disk Drive
Merk : SONY
Seri : DW-Q120A
CD-ROM CD-RW DVD-RW
G. VGA Card
Merk : MSI
Seri : MSI NX8600
H. LAN Card

I.  WLAN Card
Merk : LINKSYS
Seri : NMP546
J.  Sound Card
K. Modem
Merk : SpeedCom+
Seri : HPI56M3
L. Kabel Data IDE
Merk : ASUS
M. Kabel Data SATA

VI. Analisa
Alat alat yang sudah diidentifikasikan diatas merupakan hardware computer yang dipasang atau melekat di Motherboard. Pemasangannya sesuai dengan slot/socket yang sudah dijelaskan pada materi Identifikasi Motherboard. Setiap perangkat ini penting untuk merangkai dan menyusun komputer.

VII. Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa setiap perangkat komputer diatas memiliki fungsi masing-masing yang membangun sebuah komputer. Tiap komponen tersebut saling berhubungan, jadi jika salah satu komponen tidak ada / rusak, maka komputer tidak kan berfungsi.

VIII. Daftar Pustaka
Supriyadi, Eko, dan Muslim Heri Kiswanto. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : CV Sinar Mandiri.
Widigdo, Anon Kuncoro. 2007. Panduan Merakit Komputer Sendiri. Bau-Bau : Digital.
Siswati. 2013. Perakitan Komputer. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Budaya.

Komentar